Rekomendasi Masakan Bali dan Letaknya, Dijamin Balik Lagi sebab Rasanya

Masakan Bali menjadi salah satu kekuatan tarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang berkunjung ke pulau ini. Tak mengherankan, sebab Bali yang acap kali disebut dengan Pulau Dewata ini memang tersohor dengan banyaknya tamasya alam dan pantai yang menawan.

Eits, tak cuma tamasya alam maupun kebiasaan Bali lho yang diketahui oleh para turis. Liburan kuliner dengan cita rasa khas Bali pasti bikin kalian ketagihan. Sebab itu, warga lokal maupun mancanegara mesti mencicipi sebagian makanan khas bali yang tak kalah enak dengan makanan barat yang acap kali ditemui di restoran.

Rekomendasi Masakan Bali dengan Cita Rasa Khas dan Layak untuk Wisatawan
Penasaran apa saja kuliner di Bali yang mesti kalian coba? Simak tulisan berikut ini ya!

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu ini yakni salah satu kuliner Bali yang paling banyak dicari lho! Nah, ayam betutu sendiri di sini yakni ayam utuh yang diolah dengan metode disekam dan dipadukan dengan bumbu dan rempah khas Bali yang menggugah selera.

Rempah yang lazim diaplikasikan di sini yakni bawang putih, lengkuas, kencur, kemiri, bawah merah, kunyit, laos, jahe, gula merah, cabai rawit, serai, daun salam, minyak kelapa, dan daun limau. Selain itu, mereka juga menambahkan merica hitam, cengkeh, pala, tabia bun (cabai), jangu, bangle, dan kulit jeruk purut.

Nah, setelah itu dihaluskan dan dilumurkan ke luar dan dalam ayam yang sudah disiapkan. Umumnya, dikala poloclubapt.com ayam ini sudah matang, maka ada makanan pendamping di sebelahnya, seperti lawar pegagan, sambal matah, kacang goring, dan plecing kakung. Lezat bukan? Seharusnya kalian coba nih sekiranya tamasya ke Bali!

Rekomendasi tempat makan Ayam Betutu di Bali
– Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Domisili: Jl Raya Tuban No 2x, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Nakal, Bali
Jam buka: Tiap hari, pukul 08.00–22.00 WITA

– Ayam Betutu Men Tempeh
Domisili: Jl Rajawali, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali
Jam buka: Tiap hari, pukul 07.00–21.30 WITA

– Ayam Betutu Pak Man Kuta
Domisili: Jl Kubu Anyar No 72x, Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Nakal, Bali
Jam buka: Tiap hari, Selasa-Sabtu, pukul 08.00–21.00 WITA dan Pekan-Senin pukul 08.00–22.30 WITA

2. Sate Lilit

Sate lilit menjadi kuliner Bali berikutnya nih yang akan kita bahas. Sate lilit yang juga menjadi salah satu makanan khas Bali yang banyak dicari wisatawan ini memiliki rasa yang unik. Olahan sate ini lazimnya diwujudkan dari ayam, sapi, maupun babi. Tak cuma terdiri dari campuran daging saja, melainkan tambahan rempah kelapa membuat makanan ini menjadi unik dan punya cita rasa tersendiri.

Metode melilitkan dagingnya juga unik nih, yakni dengan mengaplikasikan batang serai yang sudah disiapkan. Sesudah itu dibakar di atas api arang yang akan lebih menyebarkan wangi-wangian harum sate lilit ini. Tanpa mengaplikasikan cocolan sambal atau saus, sate lilit ini sudah betul-betul enak sekiranya dimakan sebab rasa gurih atau pedas di dalamnya.

Rekomendasi Daerah Makan Sate Lilit Terenak di Bali
– Toko Wardani
Domisili: Jl Yudistira No 2, Denpasar, Bali
Jam buka: Tiap hari, pukul 08.00–16.00 WITA

– Toko Sate Lilit Men Ari
Domisili: Jl Manik Galih, Tabanan, Bali
Jam buka: Tiap hari, pukul 08.00–19.00 WITA

– Toko Lesehan Mertha Sari
Domisili: Jl Kresna, Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali
Jam buka: 08.00–18.00 WITA

3. Sate Babi

Sate babi menjadi salah satu pilihan kuliner Bali warga wisatawan dalam negeri dan mancanegara yang non-muslim nih. Sate babi yang empuk dan dibakar lantas di tempat menjadi salah satu kekuatan tarik para wisatawan juga nih.

Sate babi sendiri ini diolah dengan mengaplikasikan bumbu yang khas, yakni mengaplikasikan cabai besar, bawang merah, bawang putih, gula merah, lengkuas, kunyit, kemiri, ketumbar bubuk, daun jeruk, garam, merica, dan penyedap rasa secukupnya. Ketika makan sate ini, pengunjung bisa menambahkan kecap manis, kecap asin, dan perasan air jeruk nipis yang lazimnya sudah disiapkan oleh penjual. Nah ingat ya, untuk makanan ini termasuk makanan non-halal.

Rekomendasi Daerah Makan Sate Babi terenak di Bali
– Sate babi Bawah Pohon Campuhan (SBBP)
Domisili: Jl Campuhan I Dewi Sri No 8, Legian, Kecamatan Kuta, Kabupaten Nakal, Bali
Jam buka: 08.00–21.00 WITA

– Toko Sate Babi Bu Nyoman Batu Bulan
Domisili: Jl Raya Batubulan, sebelah utara Lapangan Chandra Muka Batubulan, Kabupaten Gianyar
Jam buka: 11.00–21.00 WITA