Cepelinai (Zeppelins)

Ragam Makanan Khas Lithuania Rasanya Gurih Dan Creamy

Setiap negara pasti memiliki makanan khas yang tidak https://www.ligamalaysia.net/ serupa bersama negara lainnya. Tak jika bagi Lithuania. Negara yang merupakan tidak benar satu dari tiga negara Baltik ini termasuk memiliki makanan khas yang memiliki keunikan tersendiri. Karenanya, jika tengah datang ke sini, tersedia baiknya Anda coba mencicipi makanan khas Lithuania yang mengetahui tidak serupa bersama karakteristik makanan Indonesia.

Hidangan Lithuania biasanya berasal dari olahan sayuran akar seperti kentang dan bit, daging dan campuran product susu. Hal ini amat masuk akal mengingat bahan makanan di atas lah yang bisa dikembangbiakkan di negeri beriklim dingin ini. Dengan pengolahan dan pemakaian bahan fresh yang tepat, hidangan Lithuania termasuk bisa berikan kehangatan pada tubuh. Jika dibandingkan Indonesia, ragam makanan yang tersedia di Lithuania bisa saja lebih terbatas. Namun, bukan bermakna tak banyak type makanan yang bisa dicicipi. Meski berbahan dasar sama, tapi tehnik pengolahan yang tidak serupa akan turut memunculkan cita rasa baru.

Mengenal Makanan Khas Lithuania

Orang Lithuania dikenal sebagai pemakan segala. Tak mengherankan memang, khususnya jika menilik sejarah jaman selanjutnya di mana negara ini sempat diduduki Uni Soviet dan mengalami kesulitan ekonomi. Hal ini menumbuhkan kreatifitas baru untuk memproduksi segala bahan yang tersedia sehingga dapur tetap mengepul. Nah, sekarang Anda bisa menikmati makanan khas Lithuania yang menggugah selera seperti berikut ini.

1. Cepelinai (Zeppelins)

Sebelum abad ke-20, Cepelinai ini sering disebut Didzkukuliai lantaran kemiripannya bersama dengan Airship Zeppelins. Hidangan ini merupakan seporsi kue besar yang dibikin dari bahan utama berupa adonan kentang mentah. Adonan ini lantas dimasak dan diisi bersama dengan daging babi. Biasanya Cepelinai disediakan bersama dengan siraman krim asam dan saus bacon di atasnya.

2. Potato Pancakes

Sepertinya kentang memang menjadi andalan utama untuk segala jenis olahan yang ada di Lithuania. Sama seperti halnya nasi bagi orang Indonesia. Pancakes kemungkinan sudah tak asing ulang untuk dijumpai. Yang membedakan bersama dengan hidangan Lithuania ini, pancakes dibikin dari parutan kentang yang dibumbui bersama dengan bawang dan telur. Adonan ini lantas digoreng didalam minyak dan disediakan bersama dengan adas, daun bawang, dan juga krim asam.

3. Grybukai

Secara literal Grybukai bermakna mushroom cookies dengan kata lain kue jamur. Namun nyatanya pembuatan cookies ini tidaklah memanfaatkan bahan jamur serupa sekali, cuma saja bentuknya dibikin menyerupai jamur. Jika ke Lithuania cobalah Grybukai yang berupa kecil tetapi lezat ini. Adonan kue Grybukai dibumbui bersama dengan bermacam rempah yang menambah cita rasa, seperti kayu manis, pala, cengkeh, dan kapulaga.

Baca Juga: Makanan Khas Armenia yang Harus Anda Coba Sangat Lezat

4. Saltibarsciai

Menu makanan satu ini dikenal termasuk bersama dengan nama Chilled Borscth. Menu ini biasanya ada secara musiman dan berwarna pink kental yang cantik dan enak dipandang. Hidangan ini berupa sup bersama dengan campuran beetroot dan kefir, ditambah bersama dengan telur dan juga kentang rebus. Warna pink alami yang cerah berasal dari borscht dingin yang menandakan bahwa cuaca hangat sudah ada di Lithuania.

5. Buroklieliu Sribua

Buroklieliu Sribua sering termasuk disebut sebagai Beetroot Soup. Sesuai nama yan dimilikinya, makanan ini merupakan sup bit hangat yang cocok disantap di tengah cuaca dingin Lithuania. Sup ini biasa disediakan bersama dengan penampilan yang berani dan anti mainstream. Pertama kali melihatnya, Anda kemungkinan bakal terperanjat bersama dengan warna merah menyala terhadap sup ini.

Sup hangat nan nikmat ini terbuat dari bahan basic bit. Selain itu, ditambahkan pula bahan lain, seperti bawang, wortel dan termasuk seledri. Bagi pemeluk agama Islam, Anda perlu lebih berhati-hati lantaran biasanya kuah sup ini berasal dari kaldu daging babi. Sup ini dibumbui bersama dengan bermacam rempah agar mampu menghangatkan badan, seperti garam, merica dan adas. Biasanya disediakan bersamaan bersama dengan kentang.