Fufu

Mengenal Fufu Makanan Khas Afrika yang Lagi Viral

Fufu adalah makanan yang berasal dari Afrika. Afrika merupakan benua https://cityservetrivalley.org/ yang jauh dari Indonesia serta memiliki keunikan makanan khas. Saat ini, sedang viral makanan Afrika, yaitu fufu. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok, Afrika menjadikan fufu sebagai makanan pokok yang terbuat dari singkong.

Namun, masyarakat Afrika termasuk memproses fufu dari tepung jagung, tepung gandum dan tepung pisang. Fufu Afrika ini viral berkat tagar #FufuChallenge. Bentuk fufu seperti bubur yang pekat. Cara makannya pun menarik perhatian warganet. Anda sanggup konsumsi fufu dengan hidangan yang disempurnakan dengan ikan dan sayur seperti nasi.

Cara Memakan Fufu dengan Benar

Fufu Afrika berasal dari bahasa Twi. Fufu dibaca “foo-foo” memiliki arti sistem menumbuk atau mencampur. Ada kisah yang viral termasuk perihal fufu. Kisah berikut berasal dari Chef Kavachi Ukegbu. Dikisahkan bahwa fufu memiliki sajian yang tidak serupa di tiap tiap suku Afrika.

Kisah berikut dicatat oleh Chef Ukegbu di bukunya berjudul The Art of Fufu. Chef asli Afrika berikut antusias membawa kisah fufu. Masyarakat kudu menyantap fufu gunakan tangan bersih. Etika berikut diiringi dengan bermacam syarat. Misalnya, Anda akan di sajikan baskom air, sabun, dan serbet tangan untuk menikmati fufu.

Mirip budaya Indonesia, Fufu Afrika termasuk di sajikan dengan sup. Cara memakannya, Anda kudu menggulung fufu di satu tangan. Kemudian, makan fufu secara sejalan dengan kuah sup. Fufu ditelan seperti Anda sedang memakan bubur. Agar memudahkan menelan, Anda direkomendasi ambil fufu secukupnya.

Bahan untuk Membuat Fufu

Fufu berasal dari bahan tradisional. Anda tentu terlalu familiar dengan bahan-bahan tersebut. Cukup siapkan bahan fufu seperti singkong dan ubi hitam. Fufu termasuk memiliki rasa asam seperti rasa kentang. Namun, sebagai pengganti rasa kentang Anda termasuk sanggup mempersiapkan jagung untuk mengakibatkan fufu.

Jangan lupa beri sajian pendamping fufu. Siapkan paket lengkap sayur untuk mengakibatkan sup.

Di Afrika, sup pendamping fufu secara spesifik disebut egusi. Egusi merupakan sup berbahan biji melon yang dihaluskan, sayuran, dan daging. Rasanya pun serupa sup sayur kaya rempah asli Indonesia.

Cara Membuat Fufu

1. Rebus air sampai mendidih. Kemudian, masukan mentega supaya panci tidak lengket.

2. Tambahkan tepung gandum atau tepung pilihan Anda yang sudah diolah untuk mengakibatkan fufu.

3. Anda termasuk direkomendasi menambahkan mentega kembali di adonan tepung fufu tersebut. Kemudian, aduk rata supaya kenyal.

4. Fufu siap di sajikan dengan sup.

Egusi Sup

Baca Juga: Kuliner Semarang yang Paling Enak dan Wajib Dicoba

Egusi sup sesuai untuk dinikmati dengan fufu. Berikut ini langkah mengakibatkan egusi:

1. Masak daging sapi yang sudah dibersihkan. Kemudian, rebus dengan air secukupnya.

2. Buang air rebusan pertama. Kemudian, rebus kembali dengan 1 siung bawang bombay. Tambahkan garam dan 300 ml air putih, rebus selama 15 menit.

3. Masukkan biji melon yang dihaluskan dengan paket sayuran sup. Anda termasuk sanggup menambahkan 2 butir cabai rawit yang dihaluskan.

4. Aduk rata dan tambahkan kaldu daging sapi pada langkah ke-2. Kemudian, tambahkan pula bumbu penyedap rasa sapi supaya rasa makin lama nikmat.

5. Terakhir, aduk rata dan egusi siap disantap dengan fufu.

Nikmati sensasi makan fufu Afrika dengan keluarga Anda. Selamat mencoba!