Makanan Madagaskar Terkenal Dan Tradisional Yang Harus Anda Coba

Makanan Madagaskar Terkenal Dan Tradisional Yang Harus Anda Coba

Madagaskar adalah pulau terbesar di benua Afrika. Banyak yang tahu negara itu karena Disney mempopulerkannya dengan film animasinya. Namun, di luar pemandangan dan bentang alamnya yang indah, ada makanan menakjubkan di Madagaskar yang harus Anda coba. 

Apa Keistimewaan Makanan Madagaskar?

Karena negara ini lebih bersandar pada Samudra Hindia daripada daratan Afrika, keahlian memasaknya sangat dipengaruhi oleh negara-negara seperti Prancis (penguasa kolonial mereka), Arab, India, dan Cina. 

Jahe, bawang putih, cabai, tomat, dan bawang merah adalah beberapa bahan pokok masakan Madagaskar. Juga, sebagai negara pulau tropis, ada buah dan sayuran eksotis dalam makanan Malagasi. Nasi juga biasa dikonsumsi di pulau ini. 

Hidangan Nasional Madagaskar

Romazava (Rebusan Daging Dan Sayuran)

Sebagai hidangan nasional Madagaskar, pemanjaan khusus ini dulunya hanya diperuntukkan bagi para penguasa. Untungnya, sekarang semua orang bisa menikmati kelezatan ini. 

Romazava adalah makanan tradisional kerajaan Madagaskar yang lebih banyak disajikan sebagai sup. Ini terdiri dari daging, berbagai sayuran, jahe, bawang merah, atau bawang putih, yang digabungkan untuk memberikan rasa yang agak unik pada hidangan. Romazava biasanya dinikmati dengan beragam maina (nasi kering).

Makanan Tradisional Madagaskar – Hidangan Utama

Aneka Nasi

Kami tahu kedengarannya tidak jelas mengatakan nasi adalah makanan utama di Madagaskar, tetapi harus disebutkan karena orang di pulau ini makan nasi setidaknya tiga kali sehari. Anda bahkan dapat mengatakan bahwa nasi hanya sedikit diunggulkan oleh romazava sebagai hidangan nasional Madagaskar, hanya karena kedengarannya tidak menarik.

Namun, inilah satu  fakta menarik tentang Madagaskar yang mungkin belum Anda ketahui, negara ini menempati peringkat tinggi sebagai salah satu konsumen beras terbesar di dunia. Mereka memiliki nuansa berbeda dari nasi putih, nasi merah, dan nasi merah muda.

Orang Malagasi menikmati nasi dengan lauk sayur atau daging. Orang juga makan nasi dengan tomat, wortel, dan cabai. Memasak nasi sangat mudah karena Anda hanya mencucinya dengan air dan membakarnya hingga mendidih. Waktu memasak menentukan jenis nasi yang Anda miliki. 

Nasi yang terlalu matang disebut Vary sosoa (nasi kuah), sedangkan nasi yang direbus biasa disebut dengan variety maina (nasi kering). Biasanya orang Malagasi makan bervariasi sosoa untuk sarapan atau makan malam sambil menikmati variasi maina untuk makan siang. 

Vary Amin’anana (Beras Dan Hijau)

Vary amin’anana adalah makanan tradisional dari Madagaskar. Variasi artinya “nasi”, dan anana artinya “sayuran hijau”. Vary amin’anana adalah kombinasi nasi dengan sayuran seperti collard green dan sayuran hijau lainnya seperti kangkung atau lobak Swiss.

Kombinasi bahan-bahan ini dan lainnya seperti bawang bombay, tomat, jahe, dan minyak membuat hidangan Madagaskar yang lezat ini. 

Anda bisa menyiapkan makanan khas Madagaskar ini dengan dua cara. Masak nasi dan sayuran dalam panci yang sama dari awal atau campur sayuran Anda dengan nasi yang sudah dimasak sebelumnya. Ayam, udang mini, atau telur adalah pilihan pasangan yang umum.

Baca Juga : 

Makanan Khas Negara Somalia yang Menggugah Selera

10 Makanan Tradisional Khas Mesir yang Wajib Dicoba, Kamu Pasti Doyan

Tsaramaso (Kacang Putih)

Tsaramaso adalah makanan tradisional Madagaskar yang terbuat dari kacang putih. Ini disiapkan seperti cassoulet (sup yang dimasak lambat dari Prancis selatan). Hidangan ini sering disajikan dengan daging zebu (daging sapi) atau babi. 

Ini adalah salah satu makanan yang sangat berbeda dalam masakan Madagaskar. Kacang direbus dengan saus daging dan tomat untuk waktu yang lama yang membuat hidangan menjadi lembut. Bahan-bahannya digabungkan untuk memberikan rasa yang kaya yang sesuai dengan palet dengan luar biasa. Penduduk setempat suka menikmati tsaramaso dengan nasi. 

Makanan Madagaskar ini disajikan di hampir setiap restoran di seluruh negeri. Dan tsaramaso dianggap sebagai laoka (lauk) yang paling banyak dikonsumsi di Madagaskar. 

Hen’omby Ritra (Daging Sapi Rebus Malagasi)

Hidangan daging sapi rebus khas Malagasi ini mendapat tempat tinggi dalam masakan Madagaskar. Hen’omby rita adalah kelezatan daging sapi yang direbus dengan air dan garam sebagai bumbu utama. Bahan lain untuk hidangan ini termasuk bawang merah, bawang putih, jahe, dan minyak.

Tujuannya adalah agar dagingnya hampir meleleh di mulut Anda. Makanya makanan ini dimasak dengan api kecil dalam waktu lama hingga intinya melunak. Dengan segala usaha itu, makanan Madagaskar ini dihargai di seluruh negeri. 

 Hen’omby rita juga memiliki makna tradisional karena menjadi pokok dalam festival tradisional dan keluarga di Madagaskar. 

Voanjobory (Kacang Bambara)

Ini adalah makanan khas Madagaskar lainnya yang dinikmati di seluruh pulau. Kacang bambara bisa dimasak sendiri atau dengan makanan pelengkap lainnya seperti betis, sosis, atau daging babi. Versi daging babi disebut Voanjobory sy hena-kisoa.

Beras dan tomat rougali (rebusan tomat) adalah pilihan umum untuk dinikmati bersama kacang polong bambara. Orang Malagasi benar-benar tahu bagaimana menyiapkan kacang Bambara mereka untuk memberikan rasa kenikmatan Afrika.

Makanan Madagaskar Terkenal Lainnya

Ron’akoho (kaldu ayam utuh)

Ron’akoho, disebut juga akoho rony, merupakan hidangan khas dari masakan Madagaskar. Hidangan ini terbuat dari akoho gasy (ayam lokal Malagasi). Saat ini, Anda pasti sudah menyadari bahwa jahe adalah bumbu pokok dalam makanan Madagaskar. 

Ron’akoho mudah disiapkan. Ayam utuh dimasak dengan jahe segar, sayuran, dan garam yang dihancurkan selama beberapa jam, dan hidangan ini lahir. 

Hidangan ini istimewa karena mereka secara khusus menggunakan akoho gasy (ayam lokal) dari Madagaskar untuk membuat hidangan ini. Bahan utama hiper-lokal ini tidak hanya berkontribusi pada rasa yang kaya tetapi juga memberikan keaslian khas Malagasi. 

Varenga (Abon Daging Renyah)

Pecinta daging, ini adalah salah satu makanan khas Madagaskar yang akan Anda nikmati. Varenga adalah hidangan tradisional berbahan dasar daging yang berasal dari negara tersebut.

Hidangan lezat ini terbuat dari potongan daging cincang halus yang dicampur dengan garam, bawang putih, jahe, dan bawang bombay. Itu dimasak sampai memberikan kerenyahan renyah di mulut. Lengkapi dengan kombinasi bumbu spesial itu, dan ini menjadi hidangan yang dibuat dengan baik yang akan dinikmati oleh setiap pecinta kuliner. 

Pastikan untuk mencobanya! Anda dapat menikmati hidangan ini disajikan dengan nasi dan saus pedas.

Ravitoto (Hidangan Daun Singkong Manis)

Ravitoto adalah makanan tradisional Madagaskar yang terbuat dari daun singkong manis. Daun-daun ini ditumbuk dengan lesung dan alu; bisa juga menggunakan blender. 

Bawang putih, bawang merah, minyak, daging, udang, ikan kering, dan bumbu lokal Malagasi adalah bahan pokok lainnya dalam hidangan ini. Spoiler, penampilan ravitoto mungkin tidak terlihat menarik. Tapi jangan salah; rasanya lebih enak dari kelihatannya. 

Ini adalah salah satu makanan paling populer di pulau itu. Enak dimakan dengan nasi, bahkan bisa bikin ketagihan.  

Trondro Gasy (Hidangan Ikan)

Ini adalah makanan lezat lainnya di Madagaskar. Trondro gasy adalah hidangan berbahan dasar ikan yang berasal dari dataran tinggi Madagaskar. Makanan Malagasi ini mengandung tomat, bawang merah, minyak, merica, garam, jahe, bawang putih, selada air, bubuk kari, dan bahan utamanya – ikan nila.

Hidangan ini dihias dengan baik dan memiliki tampilan yang menarik, tetapi tidak berhenti pada visualnya saja. Di luar penampilannya, ia memiliki rasa yang menenangkan jiwa. Trondro gasy cocok disantap dengan nasi putih (bervariasi maina), dan bisa juga dinikmati dengan sayuran.