Makanan Seblak Mengenal Sejarah Asal-usulan Seblak Khas Sunda

Seblak yaitu salah satu makanan khas Sunda tepatnya Bandung yang kini populer di kalangan luas. Makanan yang identik bercita rasa gurih pedas dengan rempah kencur itu kini dapat dengan gampang dicari dan dijadikan.

Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang unik membuat masakan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Dengan teksturnya yang kenyal ini seblak betul-betul nikmat dikala disantap dikala dalam kondisi yang masih hangat atau panas. seiring dengan perkembangannya seblak juga dikenalkan dengan berbagai bahan tambahan seperti telur, sosis, irisan sayur, bakso, seafood, dan lainnya.

Seblak sudah ada semenjak jaman kemerdekaan di Parahyangan. Di Garut, ada makanan yang disebut kurupuk leor yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu kripik lemas. Sebab kripik mentah yang sepatutnya digoreng, dimasak dengan bumbu bawang putih dan cabai rawit, dikabarkan dari detik.

Mungkin ini menjadi cikal bakal kreasi seblak yang kini sudah slot depo qris 5rb memiliki pamor di para pecinta masakan.

Sebelum terkenal seblak khas Sunda, di tempat Sumpiuh Jawa Tengah juga ada makanan yang serupa yaitu kripik godog atau kripik rebus.

Tetapi dari penelusuran, baik kripik leor atau kripik godog, tidak mengaplikasikan kencur. Meski bahan kencur inilah yang menjadi ciri khas sekaligus cita rasa yang identik dengan seblak.

Ada juga sumber yang menceritakan asal-usulan seblak berawal dari persediaan kripik yang melimpah di Bandung kala itu. Krupuk yang sudah lama dikala digoreng tidak seenak kripik yang baru dijadikan. Krupuk lama juga lebih keras dan susah dikunyah.

Sebab kripik lama menumpuk, kerap kali kali kali dibuang semacam itu saja. Lama kelamaan orang merasa sayang untuk menyia-nyiakan atau membuang kripik. Sehingga kemudian muncul berbagai ide dan kreasi untuk mengolah kripik lama hingga terciptalah seblak.