Makanan Khas Senegal dengan Rasa yang Paling Maknyus, Menggoda!

Makanan Khas Senegal dengan Rasa yang Paling Maknyus, Menggoda!

Seperti halnya negara-negara Afrika lainnya, Senegal juga tak ketinggalan mempunyai beberapa menu andalan yang akan siap untuk menggoyang lidah. Banyak wisatawan yang sedang berlibur dan juga sekaligus memburu beragam varian makanan khas negara ini.

Terdapat olahan nasi, daging, hingga bubur untuk membuat perut kenyang dan juga memuaskan lidah. Berikut lima hidangan khas Senegal yang wajib dicoba saat berlibur di sini.

1. Thiébou yapp

Semur bisa menjadi hidangan khas dengan rasa yang sulit dilupakan karena slot777 login kelezatannya. Salah satu makanan yang bisa dicoba adalah thiébou yapp. Makanan ini terbuat dari kombinasi nasi, daging, dan sayuran. Hidangan ini umumnya menggunakan nasi pecah kukus yang ditambahkan ke kaldu daging yang memiliki isian yang berupa potongan daging sapi atau domba yang kecoklatan. Selanjutnya semua bahan direbus hingga matang merata.

Bahan-bahan khasnya yang membuat hidangan ini makin mantap adalah bawang merah, bawang putih, paprika, kubis, terong, paprika habanero, mustard, wortel, tomat, paprika, cuka, minyak, dan peterseli cincang. Makanan ini biasanya disiapkan dalam jumlah yang besar, sehingga bisa dikonsumsi lebih dari satu orang.

2. Thieboudienne

Thieboudienne merupakan hidangan nasional Senegal. Makanan ini dibuat dengan kombinasi aromatik ikan, sayuran, dan nasi yang dicampurkan dengan saus tomat yang telah dibumbui dengan bawang putih dan cabai. Umumnya, ikan, sayuran, dan nasi dihidangkan secara terpisah.

Makanan ini dilengkapi dengan sedikit irisan jeruk nipis di sampingnya, yang akan disiramkan di atas ikan. Hidangan ini dipercaya telah ditemukan di kota St. Louis pada abad ke-19.

3. Yassa

Yassa juga menjadi hidangan nasional Senegal yang wajib dicoba saat berlibur di sini. Ini adalah sejenis semur yang dibuat dengan ayam yang direndam dalam lemon, banyak bawang, dan cuka. Ayam perlu untuk diasinkan dalam campuran setidaknya selama delapan jam. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa jus lemon dan cuka tercampur sempurna dengan bawang dan melunakkan daging keras yang ditemukan di wilayah Casamance.

Selanjutnya, potongan ayam dimasak dengan menggunakan api sedang hingga tinggi sampai bumbunya menjadi saus tersendiri. Proses ini menciptakan daging dengan aroma sedap dan empuk yang secara tradisional dihidangkan dengan nasi pulen.

Baca Juga : Top 5 Hidangan Khas Kamerun Paling Populer, Rasanya Cocok di Lidah

4. Sombi

Pecinta puding bisa merasakan kenikmatan dari sombi. Ini merupakan sejenis puding beras tradisional Senegal yang dibuat dengan bahan-bahan yang mencakup beras, air, santan, gula, dan garam. Hidangan ini paling nikmat saat disajikan dalam keadaan yang hangat. Namun, tetap lezat ketika disajikan dalam keadaan dingin ketika cuaca sangat panas.

Makanan ini seringkali menjadi hidangan penutup yang menenangkan dan menjadi favorit banyak orang karena cukup mudah untuk disiapkan. Biasanya puding nasi ini  diberi hiasan yang berupa kepingan kelapa di atasnya.

5. Ngalakh

Ngalakh bisa menjadi menu sarapan yang cukup mengenyangkan. Makanan sejenis bubur ini menjadi salah satu hidangan khas yang populer di negara ini. Ini merupakan bubur millet Senegal yang terkenal akan kelezatannya.

Bubur secara tradisional diberi bumbu yang berupa krim baobab, selai kacang, atau yogurt manis. Makanan ini bisa dihidangkan dalam mangkuk besar sebagai hidangan penutup. Bubur ini dinikmati dalam keadaan dingin, dan makin lezat saat diberi taburan gula sebelum dimakan.

Senegal mempunyai banyak menu andalan yang siap memanjakan lidah para wisatawan. Menu-menunya pun lengkap, jadi susah milih deh!