kuliner khas albania

Makanan Khas Albania Yang Terkenal Dan Paling Favorit Wisatawan

Albania merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa sebelah tenggara yang berbatasan dengan Turki, Serbia, Swiss dan Italia. Negara ini dikenal sebagai negara yang memiliki toleransi tinggi antar umat beragama. Anda yang hendak liburan ke Albania, wajib mengunjungi beberapa kota menarik seperti Tirana, Gjirokastra dan lain-lain.

Baca Juga : Daftar Tempat Paling Populer Di Belgia, Surganya Pecinta Coklat

Selain itu Anda juga wajib mencicipi makanan khas Albania yang penuh dengan cita rasa. Cita rasa yang menggoda inilah yang dijamin akan membuat Anda ketagihan untuk datang kembali ke negara ini. Berlibur tanpa menikmati sajian khas daerah tersebut rasanya pasti kurang. Ya, untuk itu, selain menikmati wisata budaya, sejarah dan alam, Anda juga harus menikmati makanan khas Albania.

Makanan Khas dari Albania

1. Byrek

Makanan khas Albania yang terkenal di kawasan Balkan adalah byrek. Byrek merupakan kue asin yang lezat yang bisa dipadukan dengan apa saja seperti bayam, keju gjize dan daging. Mau pilih yang mana?

2. Fergese verore me speca dhe domate

Di wilayah Tirana, Anda bisa menemukan makanan bernama Fergese yang lezat. Makanan ini terbuat dari paprika, tomat dan keju cottage. Menikmati hidangan fergese segar dengan roti buatan sendiri bakal membuat hari Anda menyenangkan.

3. Tave Kosi

Tave Kosi adalah hidangan lezat yang terbuat dari daging domba, telur dan yoghurt. Anda bisa mudah menemukan Tave Kosi saat berlibur ke wilayah Tirana atau dusun gunung di pesisir Albania.

4. Speca me gjize

Makanan khas Albania selanjutnya adalah speca me gjize yang cocok untuk para vegetarian. Speca me gjize terbuat dari bahan sayuran yaitu paprika kuning, orange, hijau dan merah diisi  nasi, keju dan pilihan rempah-rempah sebelum dipanggang dalam oven. Terdengar lebih enak, bukan?

5. Fried Kackavali

Hidangan Albania yang mendapat pengaruh dari unsur Italia. Mau salad kackavali, kackavali goreng atau kackavali panggang, tergantung selera Anda lho!

6. Baklava

Kuliner satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Pasalnya, Anda juga bisa menemukan baklava di restoran konsep western atau Turki di Indonesia. Tetapi, baklava asli Albania sangat menggoda selera. Dipadukan dengan kacang atau kering sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk rekan dan keluarga Anda di rumah.

7. Trilece

Makanan khas Albania adalah trilece atau kue khas yang disajikan dengan susu, krim atau susu pekat. Anda bisa menikmati kudapan ini selama liburan di berbagai kota di Albania. Trilece merupakan kuliner paling populer untuk menemani santai sore Anda.

8. Qotte

Qotte merupakan daging panggang yang telah dibumbui dengan rempah-rempah dan mint. Anda akan menikmati seporsi qotte dengan salad atau bawang mentah. Kalau ingin menikmati variasi dari bakso panggang yang unik, Anda harus mencoba kernacka atau sejenis qotte terkenal dari kota Korca di Albania.

9. Zgara

Makanan khas Albania yang bakal mudah Anda temukan di restoran yang ada di berbagai kawasan Albania adalah zgara. Zgara merupakan daging panggang yang dikombinasikan dengan salad serta bir lokal. Dijamin lidah Anda akan berhenti begroyang setelah memesan menu makanan lezat ini. Anda bisa mudah menemukan zgara di berbagai restoran atau rumah panggangan di Albania.

10. Perime ne Zagra

Perime ne Zagra merupakan makanan yang juga terkenal di negara Balkan lainnya. Sayuran  bakar ini terdiri dari berbagai macam sayur mulai dari terong, paprika, bawang, tomat dan lain-lain. Sayuran bakar yang dipadukan dengan daging di rumah panggangan wajib Anda nikmati saat berlibur ke Albania. Yakin tidak ingin menikmati Perime ne Zagra bersama si dia tercinta?

Tips berwisata kuliner di Albania

Mencicipi makanan di negeri orang tentulah sangat mengasyikkan. Namun tidak dipungkiri destincrustpizzeria jika urusan dengan perut ini memakan pengeluaran yang tidak sedikit. Untuk itulah jika Anda sedang liburan ke luar negeri khususnya ke Albania, Anda juga harus bisa mengontrol pengeluaran yang berhubungan dengan makanan ini. Hal ini memang sulit, apalagi bagi Anda yang gemar berwisata kuliner.

Untuk membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran yang berhubungan dengan makanan, berikut ini beberapa tips berwisata kuliner ketika di Albania:

  1. Cari referensi spot kuliner

    Sebelum berkunjung ke Albania, cek dulu di majalah, televise atau internet terkait dengan spot kuliner yang ada di daerah yang dituju. Nah, carilah spot yang direkomendasikan beserta informasi seputar daerah tersebut. Informasi yang dibutuhkan ini meliputi tempat wisata apa saja yang ada didaerah tersebut, sarana dan prasarana, kejadian apa saja yang pernah terjadi disana hingga apa saja hal yang perlu untuk diwaspadai.

  2. Tentukan budget

    Kadang kita lupa untuk mengerem budget untuk makanan ketika traveling. Padahal jika dibiarkan saja, ini bisa membuat pengeluaran kita membludak. Jadi aturlah budget dengan tepat untuk setiap kali makan. Hindarilah makan tanpa perhuitungan dan hindari memilih menu makanan yang mahal karena bisa jadi ini akan menghabiskan dana liburan Anda.