Simit

Kuliner Lezat Khas Mesir yang Wajib Dicoba saat Liburan di Kairo

Kairo merupakan kota bersama dengan kekayaan sejarah, budaya, dan arsitektur yang memikat. Ibu kota Mesir ini termasuk tawarkan kuliner yang lezat. Kuliner Kairo memiliki perpaduan cita rasa yang khas berasal dari hasil akulturasi budaya.

Melansir berasal dari World Travel Guide, berikut 8 kuliner khas Mesir yang perlu dicoba saat liburan di Kairo.

1. Simit

Simit adalah roti khas Turki yang berupa layaknya donat bersama dengan taburan biji wijen. Roti berlapis wijen ini terlihat layaknya campuran pada bagel dan pretzel dan memiliki tekstur yang lembut dan rasanya gurih.

Hidangan ini kebanyakan disajikan bersama dengan telur rebus dan jadi hidangan yang populer pada saat perayaan Sham En-Nessim. Simit kebanyakan gampang ditemukan di pedagang kaki lima bersama dengan gerobak makanan.

2. Hawawshi

Hawawshi merupakan hidangan yang biasa disajikan untuk makan siang atau makan malam. Hidangan ini terbuat berasal dari roti pipih yang diisi bersama dengan daging cincang dan dipanggang sampai renyah dan berwarna kecoklatan.

Untuk meningkatkan cita rasa pedas, daging cincang dibumbui bersama dengan bawang bombay, paprika, dan cabai.

3. Ful

Ful adalah makanan pokok tradisional Mesir yang terbuat berasal dari kacang fava yang direndam michaellanning semalaman dan kemudian dimasak bersama dengan garam, minyak zaitun, dan jinten.

Hidangan ini memiliki nutrisi yang tinggi layaknya zat besi, karbohidrat, dan rendah lemak jenuh.Hidangan ini kebanyakan disajikan bersama dengan pita, dan terlampau populer di kalangan kaki lima maupun restoran.

Baca juga:

5 Perbedaan Makanan Shawarma, Kebab, dan Gyro, Sudah Tahu Belum?

Kuliner Roti ala Timur Tengah Ini Bikin Kamu Serasa Sultan Arab

4. Koshari

Koshari adalah hidangan populer di Mesir yang terbuat berasal dari campuran nasi, pasta, dan kacang lentil. Semua bahan ini digabungkan dan disiram bersama dengan saus tomat, cuka dan bawang goreng sebagai toping.

Hidangan ini memiliki perpaduan rasa dan tekstur yang menggugah selera bersama dengan cita rasa gurih, pedas, dan asam. Menariknya, koshari adalah makanan nabati sehingga cocok untuk vegetarian.

5. Hamam Mahshi

Hamam mahshi adalah hidangan istimewa di Mesir yang terbuat berasal dari burung merpati. Untuk memperoleh daging yang lembut, burung merpati yang digunakan kebanyakan berusia 6 minggu.

Untuk produksi makanan ini, merpati direbus terutama dahulu selanjutnya diisi bersama dengan nasi pedas atau bubur jagung, bawang bombay, dan saus tomat. Kemudian, merpati berikut digoreng atau dipanggang didalam oven.

Hidangan ini kebanyakan disajikan pada acara-acara khusus ataupun Ramadan.

6. Shawarma

Shawarma adalah makanan cepat saji khas Timur Tengah berupa roti pipih yang diisi bersama dengan irisan daging sapi yang dibumbui bersama dengan campuran rempah. Daging ini kemudian dipanggang secara vertikal pada pahat berputar yang disebut rotisserie sampai matang.

Hidangan yang memiliki cita rasa gurih dan kaya rempah ini, kebanyakan disajikan didalam selembar roti tidak tebal atau pita bersama dengan tambahan sayuran dan saus.

7. Brunch Mesir

Brunch Mesir adalah hidangan gurih yang disajikan untuk sarapan. Brunch Mesir yang paling populer adalah Ful Medames. Hidangan ini merupakan sup lezat yang terbuat berasal dari kacang fava yang dimasak semalaman.

Ful Medames kebanyakan disajikan untuk sarapan bersama dengan minyak zaitun, jus lemon, jinten, dan bawang putih.

8. Om Ali

Bagi Anda pengagum makanan manis, maka Om Ali adalah hidangan penutup yang perlu dicoba. Om Ali adalah sejenis puding roti yang terbuat berasal dari pastry yang dicampur bersama dengan susu, kacang-kacangan, kismis, kelapa, kayu manis, dan krim.

Hidangan ini bisa ditemukan di jajanan kaki lima sampai di sejumlah restoran.