kuliner khas mongolia

Kuliner Khas Mongolia Yang Menggugah Selera

Kuliner khas Mongolia mencerminkan budaya nomaden dan kondisi geografis yang keras di negara ini. Makanan Mongolia umumnya terdiri dari daging, produk susu, dan produk tepung yang dihasilkan dari sumber daya lokal. Berikut adalah beberapa hidangan khas Mongolia:

1. Buuz:

  • Buuz adalah jenis dumpling Mongolia yang diisi dengan daging, biasanya daging domba atau sapi, bawang, dan rempah-rempah. Buuz kemudian dikukus atau direbus dan sering disajikan selama perayaan khusus atau festival.

2. Khuushuur:

  • Khuushuur adalah varian dumpling fritter yang diisi dengan daging slot pulsa domba cincang, bawang, dan lemak. Mereka kemudian digoreng hingga keemasan dan merupakan hidangan populer selama festival dan acara khusus.

3. Huushuur:

  • Huushuur mirip dengan Khuushuur, tetapi ukurannya lebih besar dan umumnya digoreng dalam minyak. Mereka juga diisi dengan daging dan bawang.

4. Airag:

  • Airag adalah minuman tradisional Mongolia yang terbuat dari susu kuda yang difermentasi. Minuman ini populer di antara orang-orang nomaden dan dianggap sebagai sumber energi yang baik.

5. Khorkhog:

  • Khorkhog adalah hidangan tradisional yang terdiri dari daging domba yang dimasak bersama dengan sayuran seperti wortel dan kentang. Semua bahan dimasak bersama-sama dalam panci yang ditempatkan di atas api terbuka dan dibumbui dengan garam dan rempah-rempah.

6. Borts:

  • Borts adalah daging domba atau sapi yang diiris tipis dan dikeringkan dengan angin atau sinar matahari. Daging yang dikeringkan ini kemudian dapat disimpan untuk kebutuhan makanan di musim dingin yang keras.

7. Tsagaan idee:

  • Tsagaan idee adalah hidangan sederhana yang terdiri dari susu kuda dan nasi atau tepung. Ini adalah hidangan khas musim dingin yang dapat memberikan kehangatan dan energi.

8. Boodog:

  • Boodog adalah cara unik memasak daging domba atau kambing dengan memasaknya bersama dengan batu panas yang diletakkan di dalam perut binatang tersebut. Proses ini menciptakan hasil yang empuk dan beraroma khas.

9. Aaruul:

  • Aaruul adalah permen susu kering yang dihasilkan dari susu kuda, susu domba, atau susu sapi. Permen ini biasanya digunakan sebagai camilan dan dapat bertahan lama.