makanan khas liberia

Kuliner Asal Liberia Yang Sangat Nikmat Dan Wajib Dicoba

Liberia adalah salah negara yang kurang diketahui oleh masyarakat. Padahal di sana terdapat banyak sekali destinasi wisata memukau yang bisa dijadikan tempat berlibur. Ketika berkunjung ke salah satu negara di benua Afrika ini, cobalah untuk mencicipi beragam hidangan yang disajikan. Menu makanan di negara ini mempunyai rasa lezat yang tak kalah dengan negara-negara Afrika lainnya.

Berikut enam makanan khas Liberia yang super sedap dan wajib untuk dicoba!

1. Torborgee

Torborgee merupakan sejenis sup yang memiliki kombinasi rasa yang pedas dan pahit. Sup unik ini terbuat dari kacang torborgee dan minyak kelapa sawit. Untuk menambah cita rasa, maka makanan ini perlu untuk ditambahkan dengan daging kering, ayam, babi, atau ikan.

Terdapat tiga variasi dari hidangan ini yang mencakup torborgee kacang, torborgee laa, dan torborgee bola pahit. Makanan ini biasanya cocok dihidangkan sebagai menu sarapan.

2. Collards and cabbage

Collards and cabbage merupakan salah satu makanan sehat yang bergizi. Makanan ini menjadikan sawi dan kubis sebagai bahan utamanya. Selain itu, makanan ini juga memerlukan bawang bombay, paprika merah, lada hitam, dan potongan daging asap.

Selain sayuran, collards and cabbage juga bisa ditambahkan dengan ayam, daging sapi, atau udang. Makanan ini biasanya disantap sebagai hidangan utama.

3. Liberian rice bread

Liberian rice bread merupakan sejenis roti yang menjadi favorit baik penduduk lokal maupun wisatawan. Cara pembuatannya yaitu nasi umumnya dipukuli di dalam lesung dengan menggunakan alu. Selanjutnya diayak untuk menghilangkan potongan yang lebih besar.

Kemudian, hasil berupa tepung beras ini dikombinasikan dengan bahan seperti pisang raja matang yang ditumbuk, mentega, telur, soda kue, gula, garam, air, dan jahe parut. Setelah semua bahan tercampur dengan merata, kemudian dipanggang. Makanan ini paling nikmat saat disajikan berdampingan dengan teh hangat.

4. Dumboy

Dumboy merupakan makanan nasional negara ini. Cara pembuatannya yaitu singkong segar dikupas dan direbus, sedangkan serat dari bagian tengahnya dibuang. Kemudian singkong yang sudah direbus tersebut diletakkan ke dalam lesung besar dan dipukuli dengan alu berat. Setelahnya dibentuk menjadi bola.

Baca Juga : Kuliner Khas Togo Yang Sangat Sayang Untuk Tidak Di Cicipi

Sebelum dihidangkan, kaldu daging atau sup cabai dituangkan di atas dumbo, bersama dengan beberapa sayuran. Dianjurkan untuk langsung memakannya karena makanan ini lengket dan bisa menempel pada apa pun yang kering.

5. Liberian cabbage stew

Liberian cabbage stew merupakan sup khas Liberia. Hidangan lezat ini terbuat dari kombinasi kubis, ayam, kubus maggi, pelunak daging, daging sapi, pasta tomat, lada hitam, kaldu ayam, bawang, dan minyak sayur. Untuk dagingnya digoreng bersama dalam minyak sampai berwarna cokelat keemasan.

Bahan yang tersisa selanjutnya ditambahkan ke dalam panci dan rebusan direbus sampai mengental dan bahan menjadi empuk.

6. Liberian chicken gravy

Liberian chicken gravy merupakan hidangan yang berupa sup. Umumnya makanan ini hanya dihidangkan pada saat acara-acara khusus. Hal tersebut dikarenakan dagingnya cukup mahal untuk rata-rata rumah tangga di Liberia.

Bahan pembuatannya antara lain potongan ayam, udang, kacang hijau, paprika, tomat, bawang, dan kaldu ayam. Makanan ini juga memerlukan bumbu seperti bawang putih, jahe, cabai, dan peterseli. Liberian chicken gravy biasanya disajikan bersamaan dengan nasi.

Wah, ternyata Liberia mempunyai beragam kuliner yang menggugah selera. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kulinermu ketika berlibur ke negara ini, ya.