makanan khas mozambik

Hidangan Tradisional Mozambik Yang Sayang Jika Dilewatkan

Mozambik adalah sebuah negara yang terletak di Afrika Tenggara Agen Sbobet, dikelilingi oleh Samudera Hindia, Tanzania, Malawi , Zambia , Zimbabwe , Eswatini (Swaziland) dan Afrika Selatan. Negara ini terkenal dengan pantainya yang masih alami, pulau-pulau tak berpenghuni, cagar alam liar, budaya dan warisan, dan masih banyak lagi.

Penduduk Mozambik terdiri dari berbagai etnis, termasuk Makua, Tsonga, Makonde, Shangaan, Shona, Sena, Ndau, dan kelompok masyarakat adat lainnya. Masakan Mozambik sangat dipengaruhi oleh warisan budayanya yang kaya, dengan banyak hidangan berbeda untuk dicoba.

Hidangan Mozambik Paling Populer

Masakan Mozambik sangat dipengaruhi oleh Portugis yang menjajah negara tersebut dengan tanaman, rempah-rempah, dan metode memasak baru. Singkong dan nasi merupakan karbohidrat pokok yang dimakan dalam banyak masakan populer

Kebanyakan masakan Mozambik disajikan bersama dengan saus yang terbuat dari sayuran, daging, kacang-kacangan atau ikan. Bahan khas lainnya yang digunakan antara lain kacang mete, bawang bombay, daun salam, bawang putih, ketumbar, paprika, merica, cabai merah, tebu, jagung, millet, sorgum, kentang dan anggur.

Jadi tanpa basa-basi lagi, berikut adalah hidangan tradisional Mozambik yang wajib dicoba beserta resepnya untuk Anda coba sendiri.

Xima

Xima (diucapkan “shima”) adalah hidangan ala bubur Mozambik yang dibuat menggunakan jagung atau tepung jagung. Ini dianggap sebagai hidangan pokok masakan Mozambik. Rasanya cukup netral tetapi biasanya disajikan bersama semur sayuran atau daging. Xima umumnya berwarna putih dan kaku dalam hal tekstur.

Resep Xima

Peri-Peri

Peri-Peri adalah saus sambal dan bumbu Mozambik pedas yang biasanya disajikan bersama ayam panggang. Sausnya diisi dengan bahan-bahan seperti paprika, bawang putih, jus lemon, dan cuka. Bahan utama yang ditambahkan adalah cabai rawit Afrika, yang memberikan rasa unik dan pedas pada saus eksotis ini.Peri-peri digunakan sebagai bumbu meja sehari-hari dan dianggap sebagai salah satu ekspor kuliner paling populer di Mozambik. Ini juga terkenal sebagai inspirasi ayam peri peri di merek makanan cepat saji Nando yang populer.

Feijoada

Feijoada adalah sup kacang sehat yang dibuat dari daging sapi, babi, atau keduanya. Basisnya terbuat dari tomat dan bawang bombay dan biasanya dimasak perlahan dan lambat menggunakan ham hock, sosis couriço, dan terkadang kaki babi. Babat dan jeroan lainnya juga ditambahkan. Lemak dan gelatin yang berasal dari bahan-bahan ini memberi hidangan ini rasa yang kaya.Hidangan ini juga memiliki variasi seafood yang menggunakan bahan-bahan seperti udang, cumi, dan kerang. Ini dianggap sebagai hidangan makan siang hari Minggu yang populer, sering kali disertai dengan nasi atau xima.

Mucapata

Mucapata adalah lauk yang berada di antara bubur jagung dan xima. Ini dibuat dengan menggunakan kacang hijau, santan dan nasi, semuanya dihaluskan menjadi satu. Biasanya disajikan bersama dengan sup atau kari. Lauk bertepung ini berasal dari Quelimane, namun disukai di banyak belahan dunia.

Galinha Asada

Galinha Asada adalah ayam panggang api yang umumnya direndam dalam saus peri-peri. Hidangan ini dianggap sebagai makanan pokok dan terdapat banyak variasi berbeda. Bahan-bahan yang ditambahkan lebih lanjut bervariasi dari satu daerah ke daerah lain dan bergantung pada bahan apa yang tersedia dengan mudah dan nyaman. Cabai, jeruk nipis, bawang bombay, dan paprika hijau termasuk di antaranya.

Baca Juga : Nasi Jollof, Kuliner Khas Dari Negara Nigeria

Galinha asada adalah kata Portugis yang berarti “ayam panggang” dalam bahasa Inggris. Namun di Mozambik, makanan ini lebih sering dipanggang atau dipanggang di atas api terbuka di pinggir jalan.

Udang

Selain banyak hidangan, cara klasik memasak udang di Mozambik adalah dengan memanggangnya dengan piri-piri atau menyiapkan kari udang dengan santan. Udang tersedia dengan harga terjangkau dan dapat ditemukan dalam semua ukuran di Mozambik.Garis pantai Mozambik terbentang sepanjang 1.535 mil, yang menjelaskan melimpahnya sumber makanan laut segar di negara ini, menjadikannya elemen penting dalam masakan Mozambik.

Chamussa

Chamussa adalah kue berbentuk segitiga yang diisi dengan pengaruh samosa India . Isian chamussa Mozambik termasuk daging, ikan, kentang, atau keju. Umumnya dikonsumsi sebagai jajanan pinggir jalan atau jajanan di sela-sela waktu makan, makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di kota-kota besar seperti Maputo dan Inhambane.

Dobrada

Dobrada adalah masakan yang dibawa oleh Portugis yang terdiri dari babat rebus, biasanya ditemani buncis atau kacang mentega putih dan chorizo. Namun, di Mozambik, buncis, kacang mentega, dan chorizo ​​tidak mudah didapat, sehingga bahan-bahan tersebut diganti dengan kentang, bawang bombay, tomat, paprika hijau, dan cabai. Dobrada umumnya dikonsumsi dengan nasi atau dengan xima, yang merupakan pengganti yang mengenyangkan.

Dobrada berasal dari Porto, di Portugal utara, dan telah dianggap sebagai makanan tradisional Portugis yang lezat sejak abad ke-15. Namun, kemudian dimodifikasi dengan sentuhan Mozambik. Hidangan ini awalnya diyakini sebagai makanan petani di Portugal, tetapi sekarang dianggap sebagai makanan lezat.

Rissois de Camarão

Rissóis de Camarão adalah kroket berbentuk bulan sabit yang berisi saus udang utuh yang kental, yang bergantung pada resepnya, bisa juga terdiri dari rempah-rempah atau piri-piri. Sebelum menggoreng kroket, adonan dimasukkan ke dalam bungkusan adonan lalu direndam dalam kocokan telur dan dilapisi tepung roti.Rissois de camarão dapat dikonsumsi panas atau dingin, tetapi yang terbaik adalah yang dibawa langsung dari wajan di warung pinggir jalan. Rissóis de camaro berasal dari masakan Portugis dan merupakan camilan populer di kedua negara.

Matapa

Matapa adalah masakan yang dibuat dengan menggunakan daun singkong yang direbus dicampur dengan kacang tanah, bawang putih, dan santan. Umumnya matapa disajikan dengan nasi sebagai hidangan utama, dan ditambahkan kepiting kecil atau udang ke dalam rebusannya untuk menambah rasa.

Variasinya banyak sekali dan ada yang mengandung kacang tanah, kacang mete, buncis, seafood atau daging di dalamnya. Matapa juga sering dikonsumsi bersama xima.