makanan khas djibouti

Hidangan Djibouti Tradisional Yang Harus Anda Coba

Masakan Djibouti sangat dipengaruhi oleh tetangganya, Ethiopia, Somalia, dan Yaman, serta bekas penjajahnya di Prancis, dan oleh India sampai batas tertentu. Menjadi hotspot di Jalan Rempah-Rempah tua yang menuju ke Timbuktu, negara ini memiliki berbagai hidangan yang seunik asal mereka. Inilah pilihan terbaik kami.

Sambuussa

Disebut juga samosa, sambuussa adalah pembuka yang slot online sempurna untuk memulai makan Anda. Manjakan diri Anda dengan kue kering kecil yang renyah ini yang biasanya terbuat dari daging, bawang, dan sayuran. Goreng, sambuussa disajikan panas dengan saus lada pedas atau untuk yang lebih suka berpetualang, dengan zuuqar, saus kental yang terbuat dari pasta tomat dan sayuran parut.

Fah-fah

Meskipun Djibouti sangat dicemburui oleh tetangga Etiopia karena lokasi pantainya, Djibouti awalnya adalah orang nomaden dan penggembalaan, dan karenanya memiliki preferensi khusus untuk daging unta, kambing dan domba di atas makanan laut dan ikan.

Dengan asumsi Anda bukan vegetarian, Anda benar-benar harus mencoba fah-fah, rebusan Djibouti klasik yang dibuat dengan daging kambing, sayuran, dan cabe, yang juga bisa dibuat dengan daging unta atau daging domba. Hidangan ini biasanya disajikan dengan roti seperti spons yang disebut canjeero untuk menyerap saus rebus.

Kue pisang Djibouti

Ini adalah salah satu makanan manis yang tidak akan mengecewakan di Djibouti. Anda mungkin akan mencoba mereka sebagai beignet de bananes yang dibuat dengan kayu manis di restoran di seluruh kota Djibouti, tetapi kemudian Anda benar-benar harus mencoba resep asli di mana tidak ada susu dan telur yang ditambahkan – hanya pisang matang, tepung dan sentuhan pala yang digunakan. Goreng kecil biasanya disajikan hangat dengan gula bubuk atau madu.

Laxoox, atau galettes Djiboutiennes

Untuk makan sehari-hari, laxoox, seperti halnya canjeroo atau injera Ethiopia, adalah makanan pokok setiap makanan di Djibouti. Laxoox, diucapkan ‘lahooh’, adalah salah satu makanan langka yang secara luas dibagi antara Djibouti dan tetangganya: Ethiopia dan Somalia.

Idealnya terbuat dari tepung terigu dan air manis dan dimasak hingga keemasan di bagian bawah, laxoox mendapatkan tekstur kenyal dari lubang kecil yang terbentuk di atas saat memasak. Sebuah roti pipih yang sangat bergizi dapat disajikan dengan mentega berair atau madu untuk memulai hari dengan, atau dapat dicelupkan ke dalam piring seperti sup daging yang disebut loqmad, atau misir wat, saus miju-miju merah.

Cambaboor

Berbeda dengan kebiasaan laxoox, cambaboor dibuat untuk perayaan atau resepsi mewah. Nikmati kemudian versi yang rumit ini canjeroo: terbuat dari tepung bawang merah, bawang putih, jagung atau teff dan ditingkatkan dengan nigella atau biji adas manis, campuran tersebut diberi wewangian dengan temulawak, yang memberinya warna emas kerajaan, kemudian dimasak dan disajikan dengan mentega lemak yang disebut subag dan yogurt asam manis.

Mukbaza

Biasanya digunakan untuk merujuk pada makanan ikan tradisional Yaman dan lauk-pauk yang menyertainya, mukbaza sebenarnya adalah semacam roti yang dilipat, yang setelah dimasak, dipotong-potong dan dicampur dengan madu dan pisang, atau kurma. Disajikan sebagai pure purée bersama dengan beberapa kacang, itu adalah saus sempurna untuk ikan Yaman Anda, yang dimasak secara tradisional di atas arang.

Skudahkharis, atau sup daging domba Djibouti

Skudahkharis tidak diragukan lagi hidangan nasional Djibouti. Umumnya disiapkan selama liburan Islam Idul Adha, itu terbuat dari beras, domba dan rempah-rempah ayurveda seperti kapulaga. Itu juga bisa cocok dengan ayam, daging sapi atau ikan. Sekali lagi, itu juga bisa disajikan di atas laxoox, meskipun piring-piring yang menyertainya dari beras berwarna cerah juga umum, disajikan bersama ayam panggang dan saus mentega yang disebut niter kibbeh.

Xalwo

Xalwo, diucapkan ‘halwo’ atau ‘halva’, yang berarti ‘manis’, adalah camilan yang dibuat selama acara-acara khusus seperti pernikahan atau perayaan Idul Fitri. Djibouti adalah tempat yang tepat jika Anda ingin mencoba Somali goreng yang lezat booskoot (biskuit), maandazi (adonan goreng yang difermentasikan) atau kaak-kaak.

Baca Juga : Daftar Makanan Khas Malawi Yang Wajib Di Coba

Yang murah hati terbuat dari adonan yang kaya, dipanggang dengan susu, vanila, biji pala dan nigella, dan disajikan dengan gula atau wijen bubuk. Jangan lupa untuk memilikinya dengan beberapa shaah (teh) dicampur dengan susu kental, atau buna rasa (kopi) dengan kayu manis, kapulaga dan cengkeh.

Sabayaad

Sama seperti orang Maroko msemen, sabayaad terbuat dari adonan tepung, air dan garam dan secara tradisional disiapkan dengan cara Somali, dalam bentuk kuadrat yang digoreng. Djibouti juga membuat jenis lain sabayaad diisi dengan bawang dan daging atau ayam, yang disebut fadira. Dapat dinikmati untuk sarapan dengan madu, atau untuk makan malam untuk menyerap fuul pedas (kacang), atau saat makan siang dengan salad tuna, seperti yang dilakukan Djibouti!

Bariis iyo kaluun atau digaag

Hidangan Djibouti lain yang indah adalah bariis iyo kaluun atau digaag – nasi dengan ikan atau ayam. Makanan yang lezat yang dapat Anda coba dengan benar-benar jenis ikan apa pun, dan itu akan tetap terasa luar biasa. Ini rahasia? Campuran rempah yang tepat!