Baklava.

Dessert Favorit Khas Timur Tengah Ini Bikin Kenyangmu Maksimal

Dessert atau hidangan penutup merupakan sajian yang yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Istilahnya, kenyangnya gak pas kalau belum icip-icip makanan pencuci mulutnya. Dessert selalu diidentikkan bersama kudapan manis dalam porsi yang tak terlalu besar agar anda masih bisa menikmatinya setelah menyantap hidangan utama.

Nah, kali ini kita coba intip dessert berasal dari area Timur Tengah sana. Menyantapnya dijamin membuat kenyangmu maksimal, deh.

1. Baklava.

Kamu kemungkinan gak asing bersama nama Baklava. Kudapan ini menjadi salah satu dalam deretan dagangan kue selebritis Indonesia. Baklava merupakan pencuci mulut yang terbuat berasal dari filo pastri, kacang yang dihaluskan kemudian diatasnya situs judi bola dituangkan sirup manis atau madu. Kebayang gak, crunchy dan manisnya baklava ini saat masuk ke mulut?

2. Umm Ali.

Umm Ali merupakan dessert yang populer di Timur Tengah dan aslinya berasal berasal dari Mesir. Umm Ali sendiri bisa dimengerti sebagai puding roti dalam bhs Indonesia. Dessert ini terbuat berasal dari adonan filo pastri, susu, krim dan kacang-kacangan. Tak jarang untuk pelengkap, bagian permukaannya ditaburi kismis ataupun gula halus.

3. Basbousa.

Basbousa biasanya sering dihidangkan di area bagian timur, Timur Tengah. Kudapan manis ini terbuat berasal dari tepung semolina dan dihidangkan bersama sirup manis yang biasanya sering dicampur bersama santan kelapa atau air mawar.

Baca juga:

6 Makanan Khas Arab Saudi yang Nikmat dan Wajib Dicoba

Kuliner Lezat Khas Mesir yang Wajib Dicoba saat Liburan di Kairo

4. Kunafa.

Kunafa merupakan kue yang terbuat berasal dari adonan tepung semolina dan filo pastri. Isiannya biasanya berbentuk keju putih lembut namun kadang-kadang buah layaknya mangga pun dijadikan pengganti isian kudapan enak ini. Tambah lezat lagi saat kunafa yang gurih ditambah bersama lelehan sirup manis.

Di Indonesia sendiri, kanafa menjadi salah satu kue jualan selebritis. Kreatifnya, isian kanafa pun menjadi lebih begitu banyak ragam dan pastinya menjadi makin lama lezat.

5. Halva.

Halva atau halaweh merupakan salah satu makanan pokok di Timur Tengah. Manisan yang terbuat berasal dari pasta biji wijen ini bisa lansung dimakan ataupun termasuk dijadikan sebagai selai ketika makan roti. Halva ini berkhasiat banget lho untuk kesegaran organ reproduksi dan ibu yang sedang menyusui.

6. Bastani.

Ini nih, es krim a la Timur Tengah. Bastani terbuat berasal dari telur, gula, minyak mawar, vanila, kenari, susu dan kunyit. Dari bahan-bahannya saja kita bisa bayangkan betapa lembutnya es krim yang satu ini. Warna kuningnya pun alami, berasal berasal dari kuning kunyit. Tak jarang, dalam penyajiannya madu pun dijadikan sebagai pelengkap untuk meningkatkan rasa manisnya.

7. Muhallabia.

Muhallabia merupakan dessert dalam wujud pudding lembut dan kenyal dan terbuat berasal dari tepung beras maupun termasuk tepung jagung. Untuk membuahkan kelembutannya, tepung diolah bersama campuran gula dan susu. Makin jadi lezat kalau ditaburi kacang yang telah dihaluskan ataupun serbuk kayu manis.