kuliner khas gabon

Beberapa Kuliner Tradisional Khas Negara Gabon Yang Bisa Kamu Coba

Gabon, sebuah negara kecil yang terletak di Samudera Atlantik di pesisir Afrika Barat, terkenal dengan kekayaan alamnya dengan 90% wilayah negaranya ditutupi hutan dan garis pantai sepanjang 500 mil (800 km) yang tidak terputus. Gabon berbatasan dengan negara Kamerun , Guinea Ekuatorial , dan Republik Kongo, dan karenanya berbagi berbagai bahan pokok, hidangan, dan metode memasak dengan mereka.

Dekat dengan garis khatulistiwa, hutan hujan lebat dan sabana yang tersebar tumbuh subur dan menawarkan berlimpah bahan-bahan lezat yang menjadi bahan pembuatan hidangan tradisional masyarakat Gabon.

Gabon adalah rumah bagi lebih dari lima puluh kelompok etnis yang berbeda, terutama suku Fang, serta sejarah pengaruh dan perpaduan Perancis dari pendudukan negara tersebut oleh Perancis selama lebih dari setengah abad. Kelompok masyarakat yang beragam dan perpaduan budaya yang luas ini telah menghasilkan perpaduan hidangan populer yang sama beragamnya.

Hidangan Gabon Paling Populer

Dengan akses ke laut dan hutan, masakan Gabon memiliki beragam bahan untuk dipilih. Dari Samudera Atlantik datanglah ikan, sering kali diasap atau dipanggang dan dimasukkan ke dalam rebusan atau disajikan dengan nasi. Dari daratan muncul daging lain, seperti daging ayam dan daging sapi yang lebih umum serta daging hewan liar yang kurang umum seperti antelop dan babi hutan.

Pisang raja, singkong, terong, paprika, dan kubis juga sbobet88 merupakan bahan umum, serta banyak bumbu yang terlihat pada makanan Afrika Barat lainnya. Minyak nyembwe, yang dikenal sebagai minyak sawit dalam bahasa Inggris, merupakan bahan pokok di sebagian besar masakan.

Perpaduan negara ini dengan masakan Prancis terlihat jelas dalam penggunaan roti di banyak hidangan, bahkan terkadang diberi topping Atanga yang populer, juga dikenal sebagai mentega semak karena teksturnya yang seperti alpukat dan rasanya yang tajam. Pertukaran berabad-abad antara kelompok etnis dan orang Eropa telah menciptakan masakan unik yang sulit didefinisikan hanya dengan satu jenis metode atau bentuk memasak.

Poulet Nyembwe

Poulet Nyembew, juga dikenal sebagai Rebusan Ayam Gabon, adalah sup yang terdiri dari ayam asap yang dibumbui dengan bawang bombay dan rempah-rempah, dimasak dengan api kecil dalam saus nyembwe hingga empuk dan konsistensi seperti rebusan. Biasanya disajikan dengan nasi, fufu, atau ubi atau singkong yang ditumbuk.

Hidangan ini dianggap sebagai hidangan nasional Gabon dan terkenal karena kesederhanaan dan kemudahan persiapannya sehingga menghasilkan rasa yang kuat dan gurih. Meskipun ayamnya dibumbui dengan baik dengan bawang putih, bawang merah, dan beberapa bumbu lainnya, andalan utama hidangan ini adalah saus nyembwe. Itu meresap ke dalam ayam, dipadukan dengan api kecil untuk membuatnya empuk dan berair.

Dongo-dongo

Dongo-Dongo, juga disebut Okra Gumbo, adalah hidangan sup yang paling sering dibuat dengan okra dan ikan asap, yang dipadukan dengan paprika, bawang bombay, dan pasta tomat untuk menghasilkan konsistensi seperti saus kental. Sangat cocok untuk disajikan bersama pati seperti nasi atau fufu , yang membantu menjinakkan bumbu dan garam yang lazim dalam hidangan ini.

Diperkirakan Dongo-Dongo mungkin adalah sepupu jauh Cajun-Creole Gumbo dari Louisiana karena memiliki rasa dan metode memasak yang mirip. Meskipun Dongo-Dongo dinikmati di negara lain di sekitar Gabon, Dongo-Dongo Gabon sering kali menyertakan ikan asap sebagai bahan selain okra.

Poisson Salé (Rebusan Ikan Cod Asin)

Poisson Salé, atau Rebusan Ikan Cod Asin, adalah sup yang terdiri dari sejumlah besar sayuran Gabon seperti bawang bombay, tomat, wortel, dan kubis, yang digoreng dan dipadukan dengan ikan cod asin dan kaldu untuk membuat sup yang beraroma. Sayuran dan makanan laut lain seperti udang sering ditambahkan untuk menambah rasa hangat dan rasa pada sup ini.

Ikan cod asin yang menjadi bagian utama hidangan ini mungkin sulit untuk diolah. Namun, ikan asin merupakan makanan pokok di masakan Gabon, karena ikan asin merupakan cara yang mudah dan ekonomis untuk meningkatkan umur simpan hasil tangkapan sehari-hari. Hidangan ini memiliki rasa asin dan sangat aromatik.

Feuilles de Manioc

Feuilles de Manioc, atau Daun Singkong, adalah hidangan yang terbuat dari daun singkong yang digiling lalu dimasak dalam jusnya agar bisa dimakan, sebelum dipadukan dengan ikan asap dan bahan lainnya pilihan Anda. Ini sering disajikan sebagai pendamping hidangan lainnya atau dimakan sebagai camilan yang mengenyangkan dan bergizi. 

Baca Juga : Hidangan Tradisional Mozambik Yang Sayang Jika Dilewatkan

Awalnya dianggap sebagai makanan untuk bertahan hidup, Feuilles de Manioc telah menjadi makanan pokok Gabon yang sangat digemari, terutama populer di antara banyak kelompok etnis di negara tersebut. Kelompok etnis yang berbeda mempunyai resepnya masing-masing, seperti tradisi Fang yang menggunakan saus nyembwè.

Brosur

Anda tidak akan kesulitan menemukan brochette di kota mana pun di Gabon, karena hidangan ini, terdiri dari ayam yang diasinkan yang ditusukkan ke tusuk sate dan dipanggang di atas api terbuka, adalah jajanan kaki lima yang umum. Penggunaan daging berwarna gelap yang kental dan juicy membuat ayamnya renyah di luar, namun hangat dan berasap di dalam.

Hidangan ini menampilkan perpaduan Gabon dan Perancis, karena brochette berasal dari Perancis tetapi masakan Gabon sering kali menyertakan bumbu yang berbeda atau tambahan ikan asin. Brochette biasanya disantap sebagai camilan cepat saji untuk dinikmati sambil berjalan-jalan keliling kota.

Kughudu (Bunga Pisang)

Sebuah contoh cemerlang dari beragam sumber daya yang dinikmati masakan Gabon, Kughudu adalah hidangan sederhana yang dibuat dengan memasak dan mencampur kacang tanah bunga pisang sebelum menambahkan bahan lain seperti daging, udang, sayuran, atau pisang. Ini sering dimasukkan ke dalam hidangan kari dan disajikan bersama nasi.

Kughudu adalah bunga yang pahit secara alami, jadi penting untuk memadukannya dengan baik dengan bahan lainnya untuk menghindari rasa yang tajam dan sepat.

Poisson Fumé au Concombre

Poisson Fumé au Concombre, atau “Ikan Asap dengan Mentimun,” adalah hidangan lain dengan ikan asap sebagai bahan utamanya, lalu direbus dan dibumbui dengan saus mentimun kental. Ditambahkan biji mentimun, begitu juga cabai jika ingin sedikit lebih pedas. Hidangan ini sering disajikan dengan fufu atau nasi dan disantap sebagai hidangan utama.

Beignet

Berasal dari makanan penutup Prancis yang populer, beignet Gabon adalah kue lembut yang terbuat dari adonan goreng yang ditaburi gula halus atau juga ditaburi madu. Mereka sangat dicintai di seluruh dunia dan tidak terkecuali Gabon.

Meski resepnya berpindah besar-besaran dari Prancis ke Gabon, resepnya tidak banyak berubah dari bentuk aslinya. Makanan penutup manis ini mudah ditemukan di kota-kota Gabon di mana masakan Perancis lebih banyak tersedia.

Pisang Panggang

Disajikan sebagai suguhan manis yang sempurna setelah makan asin, pisang panggang adalah irisan pisang yang dicelupkan ke dalam campuran telur, jus jeruk, dan remah roti sebelum dipanggang. Renyahnya remah roti bercampur dengan lembutnya pisang yang meleleh, sedangkan rasa perasan jeruk menambah sedikit rasa asam pada manisnya pisang.

Pisang panggang sangat populer di daerah perkotaan dan pedesaan di Gabon dan dinikmati oleh sebagian besar kelompok etnis. Kelompok yang berbeda mungkin menambahkan topping lain, seperti menambahkan gula merah atau krim asam.

Flan kelapa

Flan, makanan penutup manis dan lembut yang terbuat dari telur, vanila, gula, dan susu, memiliki sentuhan tropis dengan tambahan santan dan serpihan kelapa di Gabon. Meskipun cara pasti flan diperkenalkan ke Gabon masih belum jelas, kemungkinan besar flan masuk ke negara tersebut pada masa pendudukan Prancis. Sejak saat itu, makanan penutup ini mudah ditemukan di restoran atau hotel perkotaan. 

Dengan bagian dalam yang halus dan lembut serta lapisan kulit biskuit yang bersisik, flan kelapa ini pasti akan memuaskan semua pecinta makanan manis.