kuliner khas india

Beberapa Kuliner Khas India Yang Sangat Terkenal Dan Legendaris

India memiliki warisan kuliner yang kaya dan beragam, dengan berbagai hidangan yang terkenal di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa kuliner khas India yang sangat terkenal dan legendaris:

  1. Biryani: Biryani adalah hidangan nasi yang terkenal di seluruh India, terutama di daerah-daerah seperti Hyderabad, Lucknow, dan Kolkata. Ini terdiri dari nasi basmati yang dimasak bersama daging (biasanya ayam, domba, atau kambing) dengan bumbu yang kaya.
  2. Masala Dosa: Masala dosa adalah hidangan sarapan khas India Selatan yang terdiri dari crepe tipis yang terbuat dari adonan beras dan lentil, disajikan dengan kari kentang yang kaya rempah-rempah.
  3. Tandoori Chicken: Tandoori chicken adalah hidangan daging panggang yang terkenal, dimana daging ayam marinasi dalam campuran yogurt dan rempah-rempah, lalu dipanggang dalam oven tandoor yang panas.
  4. Palak Paneer: Palak paneer adalah hidangan vegetarian yang terdiri dari saus bayam yang kaya rempah, yang disajikan dengan potongan kecil paneer (keju India).
  5. Rogan Josh: Rogan josh adalah hidangan kari daging yang berasal dari Kashmir, terbuat dari daging domba yang dimasak dalam saus bumbu yang kaya rempah-rempah, termasuk cabe merah dan yoghurt.
  6. Gulab Jamun: Gulab jamun adalah hidangan penutup yang sangat populer di India, terbuat dari bola-bola kecil yang terbuat dari susu bubuk dan gula, direndam dalam sirup manis.
  7. Chole Bhature: Chole bhature adalah hidangan sarapan yang terdiri dari kari kumpulan situs slot bebas ip kacang hijau (chole) yang dimasak dengan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan roti berminyak yang disebut bhature.
  8. Samosa: Samosa adalah kudapan goreng yang terkenal, terdiri dari kulit pastri yang diisi dengan kentang, kacang polong, dan rempah-rempah, kemudian digoreng hingga kecokelatan.
  9. Pani Puri: Pani puri adalah kudapan jalanan yang terkenal, terdiri dari bola-bola renyah (puri) yang diisi dengan kentang, kacang polong, dan saus pedas, kemudian disiram dengan air rasa mint dan tamarind.
  10. Rasgulla: Rasgulla adalah hidangan penutup yang terbuat dari bola-bola kecil yang terbuat dari adonan paneer (keju India), direndam dalam sirup gula.

Itulah beberapa contoh kuliner khas India yang sangat terkenal dan legendaris. Hidangan-hidangan ini mencerminkan keanekaragaman budaya dan warisan kuliner yang kaya dari negara tersebut.