kuliner khas wales

Beberapa Daftar Kuliner Khas Wales

Wales, sebagai bagian dari Britania Raya, memiliki warisan kuliner yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa kuliner khas Wales yang patut dicoba:

  1. Cawl:
    • Cawl adalah semacam sup tradisional Wales yang terbuat dari daging (biasanya daging domba atau daging sapi), sayuran seperti kentang dan wortel, serta bahan lain seperti seledri dan bawang. Cawl sering dimasak dalam waktu yang lama untuk mendapatkan rasa yang kaya.
  2. Bara Brith:
    • Bara Brith adalah roti khas Wales yang diperkaya dengan campuran buah kering, terutama kismis dan currant. Roti ini sering disajikan dengan mentega dan menjadi camilan yang populer di sore hari.
  3. Welsh Rarebit:
    • Welsh Rarebit adalah hidangan keju panggang yang terbuat dari campuran slot bonus 100 to 3x keju, susu, mustard, dan bumbu lainnya. Campuran ini kemudian dilelehkan dan disajikan di atas roti panggang. Welsh Rarebit adalah hidangan yang lezat dan mudah disiapkan.
  4. Laverbread:
    • Laverbread terbuat dari rumput laut (sejenis alga) yang dicuci, direbus, dan kemudian dicincang atau dihaluskan. Hidangan ini sering diolah menjadi adonan dan digoreng, sering disajikan bersama dengan bacon dan telur sebagai sarapan tradisional.
  5. Tatws Pum Munud:
    • Tatws Pum Munud adalah hidangan panggang yang terdiri dari daging domba atau daging sapi, serta campuran sayuran seperti kentang, wortel, bawang, dan kubis. Semua bahan ini dipanggang bersama-sama untuk menciptakan hidangan yang lezat.
  6. Welsh Cakes:
    • Welsh Cakes adalah kue datar kecil yang terbuat dari campuran tepung, mentega, gula, dan buah kering. Kue ini dipanggang dan kemudian sering disajikan dengan taburan gula.
  7. Cockle and Laverbread:
    • Hidangan ini melibatkan penggorengan kerang dan laverbread (rumput laut) yang kemudian disajikan bersama roti atau daging.
  8. Teisen Lap:
    • Teisen Lap adalah kue puding yang terbuat dari campuran tepung, gula, mentega, kismis, dan rempah-rempah. Hidangan ini umumnya dipanggang dan dapat disajikan sebagai hidangan penutup.
  9. Pice ar y Maen:
    • Pice ar y Maen adalah varian Welsh dari bara brith, yang merupakan roti manis dengan campuran buah kering. Namun, Pice ar y Maen memiliki bentuk yang lebih pipih dan sering disajikan sebagai kue kering.

Kuliner khas Wales mencerminkan sejarah dan budaya daerah tersebut, dan banyak hidangan tradisionalnya tetap menjadi favorit lokal.