ganjar mahfud md

Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD daftar capres-cawapres ke KPU

Bakal pasangan capres dan cawapres Anies https://lasantane.com/ Baswedan-Muhaimin Iskandar memulai rangkaian acara pendaftaran calon peserta Pilpres 2024 ke KPU RI, Kamis (19/10) pagi.

Muhaimin tiba di kediaman Anies di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis pagi. Keduanya berbincang sebentar sebelum Anies meminta doa restu ibundanya sebelum berangkat ke DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Dari DPP PKS, Anies-Muhaimin akan menuju Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), ke NasDem Tower di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, kemudian ke kantor KPU RI.

Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan prosesi pendaftaran bakal pasangan capres dan cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengusung konsep pesta rakyat saat mendaftar ke kantor KPU RI di Jakarta.

“Suasananya adalah suasana festival, suasana pesta rakyat. Ada Reog Ponorogo, ada tanjidor, ada komunitas Tionghoa yang menyumbangkan barongsai, dan beberapa kesenian daerah,” kata Sudirman Said sebagaimana dilansir kantor berita Antara.

Sudirman menyebut akan ada sejumlah relawan yang mengawal prosesi pendaftaran Anies-Muhaimin dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hasanuddin Wahid, mengatakan bahwa relawan Anies-Muhaimin akan mengawal pendaftaran bakal pasangan calon itu dengan damai dan tidak membuat keributan dengan pendukung kubu lain.

“Kami mohon izin kalau jam 08.00 pagi, pasangan Anies dan Muhaimin dulu yang melakukan pendaftaran di KPU,” kata Hasanuddin.

Harapan mencegah konflik dan kejujuran KPU

Anies dan Muhaimin didampingi sejumlah petinggi Partai Nasdem, PKB, dan PKS yang bergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, saat mengikuti proses pendaftaran bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden ke KPU, Jakarta, Kamis (19/10).

Saat memperkenalkan pasangan ini kepada KPU dan publik, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, berkata koalisinya berharap pemilihan presiden dan wakil presiden tidak akan menimbulkan perpecahan masyarakat. Dia juga berharap agar KPU bisa bekerja sesuai tugas dan batas kewenangan mereka.

“Kami punya keyakinan dan harapan bahwa pemilu yang berlangsung 14 Februari 2024 akan berlangsung secara tertib, tenang, diikuti partisipasi publik yang lebih hebat. Kami berharap pemilu yang akan kita jalankan akan berjalan sesuai harapan,“ ujar Surya Paloh.

“Di atas semuanya Koalisi Perubahan bertekad tidak hanya memenangkan pemilu semata, tapi dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Solidaritas sesama anak bangsa tidak perlu rusak karena pemilu. Kami yakin ini bisa kita capai,“ tuturnya.

Pesan serupa juga dikatakan oleh Anies. Dalam acara pendaftaran tersebut, dia berharap KPU bisa menyelenggarakan pilpres secara jujur dan adil. “Kami percaya di bawah kepemimpinan Bapak dan Ibu anggota KPU, pemilu bisa berjalan tertib, jujur, adil, sehingga menghasilkan hasil yang kredibel di depan seluruh rakyat,“ kata Anies.

‘Pemilu pasti berpotensi memicu konflik’

Merespons Surya Paloh dan Anies Baswedan, Ketua KPU Hasyim Asy’ari berkata pemilu pasti akan selalu berpotensi memicu konflik. Kunci mengatasi potensi perpecahan akibat pemilu, menurutnya, masyarakat mesti menyadari nilai kebersamaan sebagai sesama masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, Hasyim berkata bahwa pejabat KPU bertekad bekerja sesuai prinsip pemilihan umum. “Kami mohon doa karena kami harus kuat menjaga diri dalam kompetisi ini,“ kata Hasyim.

Selain berbicara tentang pentingnya netralitas para penyelenggara pemilu, Anies sempat memaparkan secara singkat tawaran kebijakan yang akan dia bawa dalam pilpres kali ini.

Merujuk nama koalisi yang mengusungnya, Anies menyebut menawarkan janji perubahan dalam konteks kesejahteraan bagi berbagai kalangan.

“Kami membawa gagasan perubahan, perubahan untuk dirasakan keluarga-keluarga di Indonesia,” kata Anies.

“Kami ingin kebutuhan pokok menjadi terjangkau. Para petani, peternak, dan nelayan hidup lebih sejahtera. Kami ingin ada kesetaraan kesempatan: kesempatan untuk bekerja, mendapatkan masa depan lebih baik lewat pendidikan, perlindungan kesehatan yang lebih baik.

“Gagasan dasarnya adalah perubahan menghadirkan kesetaraan dan keadilan,“ ujar Anies soal kebijakan yang akan dia tawarkan dalam tahap kampanye pilpres.

Ganjar paparkan visi dan misi, Mahfud MD romantisasi kegagalan pada Pilpres 2019

Selain Koalisi Perubahan, koalisi partai bakal pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10). Mereka didampingi para pengusung mereka, antara lain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Kepada para komisioner KPU, Megawati menyampaikan harapan soal penyelenggaraan pilpres yang sesuai asas dan prinsip-prinsip yang diatur dalam undang-undang, seperti bebas, rahasia, jujur, dan adil. Dia juga berkata, KPU mesti “menempatkan rakyat sebagai pemenang tertinggi dalam menentukan pemimpin nasional secara terbuka”. Harapan serupa disampaikan oleh Ganjar, yang menyebut KPU harus “bisa mejadi wasit yang netral dan memberikan layanan terbaik”.

Setelah prosesi penyerahan berkas-berkas pendaftaran, kepada pers Ganjar memaparkan secara singkat visi dan misi yang akan dia tawarkan bersama Mafhud kepada para pemegang suara. Dua isu pertama yang dia sebut berkaitan dengan transisi energi dari energi kotor ke energi terbarukan serta persoalan politik kedaulatan pangan. Hal berikutnya yang Ganjar katakan adalah isu fakir miskin dan anak terlantar serta program digitalisasi untuk membuat “pemerintahan yang lebih bersih” dari korupsi.

“Kami ingin membangun Indonesia dengan lebih cepat. Apa yang sudah dilakukan oleh pemerintahan hari ini, yang baik akan kami teruskan, yang kurang baik akan kami perbaiki, yang tidak baik akan kami tinggalkan,” kata Ganjar. Di hadapan pers, Ganjar mempersilakan Mahfud untuk menjawab sejumlah pertanyaan.

Pada momen itu, Mahfud bercerita tentang baju putih yang dia pakai. Baju tersebut, kata dia, sebenarnya dia siapkan untuk menjadi peserta Pilpres 2019. Namun pada pilpres tersebut, tidak ada satupun koalisi partai mengusungnya.

“Baju yang saya pakai ini adalah baju yang lima tahun lalu saya siapkan untuk mendaftar ke KPU, tapi tidak jadi,” kata Mahfud.

“Akhirnya saya titipkan baju ini ke ibu saya di Madura. Ketika saya dapat pesan bahwa kemungkinan besar saya akan dibawa ke pencalonan presiden dan wakil presiden oleh koalisi, tanggal 16 lalu saya sowan ke ibu untuk ambil baju yang tidak jadi saya pakai lima tahun lalu,” ujarnya.

Dalam proses pendaftaran bakal capres-cawapres ini, KPU menyatakan Ganjar dan Mahfud telah memenuhi syarat kelengkapan dokumen. Mereka lalu dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Jakarta, pada 22 Oktober mendatang.

Bagaimana jadwal tahapan Pilpres 2024?

Berikut jadwal tahapan Pilpres 2024, sebagaimana dikutip dari Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2023.

13 November 2023: Penetapan pasangan calon presiden – calon wakil presiden.

14 November 2023: Pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden – calon wakil presiden.

28 November 2023-10 Februari 2024: Pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan media sosial.

21 Januari-10 Februari 2024: Kampanye rapat umum, iklan media massa cetak media massa elektronik, dan media daring.

11-13 Februari 2024: Masa tenang.

14 Februari 2024: Pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden.

2-22 Juni 2024: Kampanye tambahan jika terjadi pilpres putaran kedua.

23-25 Juni 2024: Masa tenang.

26 Juni 2024: Pilpres putaran kedua jika diperlukan