makanan khas rwanda

10 Hidangan Lezat Rwanda Negara Di Benua Afrika

Siap melakukan perjalanan kuliner epik melintasi negeri Rwanda Rtp Live yang indah dan menemukan makanan populer di Rwanda? Pertanian adalah salah satu ekspor terbesar Rwanda, sehingga mereka menanam dan mengonsumsi pisang, kacang-kacangan, polong-polongan, ubi jalar, dan singkong sendiri. Orang Rwanda juga suka bereksperimen dengan cita rasa berani yang tidak pernah Anda duga.

Mulai dari makanan khas nasional seperti Ishango hingga makanan tradisional favorit saat makan siang seperti Ubugali, banyak camilan lezat menanti Anda. Kami telah mengumpulkan 10 makanan paling populer dari Rwanda untuk Anda jelajahi pada tahun 2023. Jika Anda ingin menjelajahi budaya baru, Rwanda kaya akan berbagai kemungkinan – terutama dalam hal masakannya.

Apa Makanan Nasional Rwanda?

Brochette, atau tusuk sate panggang, adalah makanan nasional Rwanda. Orang Rwanda membuat jajanan kaki lima yang populer ini dengan potongan daging sapi, ayam, atau babi yang diasinkan yang ditusuk. Produk jadinya berair dan empuk, dengan sedikit rasa berasap dari panggangan. Mereka sering menyajikannya bersama lauk tradisional Rwanda seperti Ugali, nasi, atau tepung jagung rebus.

Apa Hidangan Rwanda Paling Populer?

Ubugali adalah makanan populer di Rwanda. Hidangan tradisional mirip bubur ini dibuat dengan tepung maizena, air, minyak sayur, dan garam, dimasak hingga kental dan lembut. Idealnya, makanan populer di Rwanda adalah daging dan nabati. Kami mulai dengan yang berbahan dasar daging.

 Igisafuria

Kata Kinyarwanda Igisafuria diterjemahkan menjadi ‘Pot’. Hidangan ini berasal dari pencampuran semua bahan ke dalam satu panci. Kompleksitasnya disebabkan oleh bahan-bahan fantastis yang digunakan.

Di sini, bahan utama hidangan lezat ini adalah ayam. Dimasak perlahan dengan api kecil dan dipadukan dengan pisang raja, kentang, wortel, jamur, dan bawang bombay untuk memberikan rasa yang unik. Saat Anda menikmatinya, Anda akan merasakan perpaduan nikmat dari berbagai rempah yang menciptakan aroma yang luar biasa ini. Setiap gigitan Igisafuria akan menggoda selera Anda.

2. Ikan Nila Bakar

Tilapia Panggang adalah hidangan penting di meja makan Rwanda. Tidak mengherankan jika ikan luar biasa ini, yang biasa disebut sebagai “Ikan Besar”, telah mendapat pengakuan di seluruh negara Afrika, termasuk Rwanda, karena melimpahnya ikan ini di danau-danau di sana.

Seekor ikan nila cukup untuk memberi makan dua hingga tiga orang, dan Anda dapat memilih ukurannya saat mengunjungi restoran Rwanda . Anda akan terpesona oleh rasa smoky yang unik dari perpaduan ikan, bawang merah, bawang putih, wortel, dan rempah-rempah. Ditambah bonusnya – di Rwanda, merupakan kebiasaan bagi pengunjung untuk menikmati hidangan mereka dengan jari. Maknanya yang khas menjadikannya salah satu makanan paling populer di Rwanda.

3. Brosur – Tusuk Daging Rwanda

Brochette adalah salah satu hidangan paling populer di Rwanda. Saat Anda mendambakan sesuatu yang lezat di Rwanda, cobalah Brochette. Jajanan kaki lima yang populer ini berupa rangkaian tusuk sate yang menyajikan daging, ikan, bawang bombay, dan sayuran yang direndam dengan rempah-rempah dan dipanggang hingga sempurna di atas arang.

Yang lebih nikmat lagi – setiap pesanan disajikan dengan saus Pili Pili dan kentang goreng untuk menambah rasa. Manfaatkan pengalaman lezat ini saat Anda berada di sana.

4. Sambaza – Ikan Goreng

Menginginkan sesuatu yang kecil namun lezat? Maka Isambaza adalah hidangan yang sempurna untuk Anda. Ikan air tawar yang populer ini banyak terdapat di Danau Kivu. Jadi manjakan lidah Anda dengan kelezatan lezat ini hari ini dan nikmati pesta yang tak terlupakan.

Anda pasti menyukai kerenyahan ikan gorengnya yang dipadukan dengan ramuan rempah yang beraroma. Sambaza biasanya disajikan bersama dengan makanan pendamping lainnya, seperti ugali, hidangan mirip polenta yang terbuat dari tepung jagung.

5. Akabenz – Babi Panggang

Mengacu pada masakan Rwanda, pasti ingat Akabenz. Hidangan lezat ini dibuat dengan merendam potongan daging babi dalam cuka, anggur putih, dan rempah-rempah lainnya. Setelah itu, daging babi tersebut dipanggang di atas api arang sehingga memberikan rasa berasap yang tak terlupakan.

Hidangan lezat ini bisa disajikan dengan pelengkap tradisional seperti pisang raja goreng atau ugali. Daging babi yang lezat dan juicy dikombinasikan dengan sedikit kerenyahan pisang raja memberikan pengalaman gastronomi yang unik dan berbeda dari yang lain.

Hidangan Berbasis Tumbuhan

Apakah kamu vegetarian? Jika iya, bagian ini sangat cocok untuk Anda. Saya akan memperkenalkan daftar eksklusif hidangan nabati Rwanda yang menggiurkan, ideal untuk pecinta kuliner mana pun. Jadi datanglah dan bergabunglah dengan saya dalam perjalanan kuliner ini untuk menjelajahi makanan Rwanda yang paling lezat.

6. Agatogo – Rebusan Sayur Dengan Pisang Raja

Agatogo adalah hasil luar biasa yang diciptakan dengan menggabungkan dua bahan utama – pisang raja dan sayuran. Hidangan ramah vegan ini menjadi favorit di kalangan vegetarian dan non-vegetarian karena rasanya yang unik. Rebusannya mengandalkan kesegaran sayuran, menjadikannya benar-benar istimewa, karena setiap bahan memberikan aroma dan rasa khasnya untuk menciptakan perpaduan yang ajaib.

Untuk memperkaya tekstur rebusan, Anda bisa menambahkan air ke dalam panci mendidih. Orang Rwanda biasanya menikmati makanan ini dengan nasi atau roti goreng; Namun, Anda juga bisa menemukan variasi Agatogo yang terbuat dari ikan.

7. Ugali – Bubur Jagung/Singkong

Mulailah hari Anda dengan suasana hati yang menyenangkan di Rwanda dengan semangkuk Ugali yang lezat. Bubur lezat ini dibuat dengan mencampurkan tepung jagung dengan air atau susu, menjadikannya lembut dan lembut.

Ugali adalah makanan lezat yang berharga di Rwanda yang semakin populer di kalangan warga Kenya, Uganda, Nigeria , Ghana, dan sekitarnya. Hidangan pokok Rwanda ini bisa disajikan dengan berbagai pelengkap seperti bayam, bawang bombay, atau tomat.

8. Isombe – Rebusan Daun Singkong

Jika Anda pergi ke Rwanda, ingatlah untuk mencicipi Isombe. Rebusan sayur ikonik ini dibuat dari daun singkong dan bahan lain seperti terong, kacang tanah, dan minyak sawit. Perpaduan rasa ini menciptakan cita rasa unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Isombe biasanya disajikan dengan pisang raja rebus atau ubi jalar sebagai pendampingnya; Namun, Anda juga bisa menikmati hidangan ini dengan nasi atau Ugali. Hidangan ini populer di seluruh Rwanda dan dengan cepat mendapatkan popularitas di negara lain berkat rasanya yang gurih dan bersahaja.

Baca Juga : Makanan Khas Pantai Gading Yang Sangat Menarik Dan Lezat Untuk Dicoba

Untuk menghasilkan hidangan terbaik dan mendapatkan tekstur serta konsistensi yang tepat, koki akan menambahkan air ke dalam panci mendidih. Orang Rwanda biasanya menikmati makanan ini dengan nasi atau roti goreng; Namun, Anda juga bisa menemukan variasi Agatogo yang terbuat dari ikan. Jadi jangan lewatkan kelezatan Rwanda ini.

9. Ibiharage – Kacang Goreng Rwanda

Anda akan menyesal tidak mencoba hidangan klasik Rwanda – ibiharage. Hidangan gurih ini terbuat dari kacang-kacangan yang direbus terlebih dahulu lalu digoreng dalam wajan dengan minyak sawit, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya.

Hasil dari proses ini sungguh nikmat! Ibiharage biasanya disajikan sebagai lauk untuk menemani hidangan utama seperti ikan, daging sapi, dan sayuran. Ini juga dapat disajikan sebagai camilan tersendiri, itulah sebabnya makanan ini menjadi salah satu makanan populer di Rwanda.

10. Umutsima – Kue Singkong dan Jagung

Jika Anda mencari makanan penutup yang unik dan menarik di Rwanda, maka Umutsima adalah pilihan yang tepat. Kue singkong dan jagung ini mereka maniskan dengan gula dan madu. Mereka kemudian menambahkan krim atau yoghurt di atasnya. Namun, Anda juga bisa menikmati kue ini secara polos.

Rasa hidangan ini sungguh nikmat! Manisnya jagung melengkapi rasa singkong yang bersahaja dan menciptakan rasa unik yang akan memuaskan selera manis Anda.